Menu Close

Rumah Pohon Karangasem: Lokasi Wisata Bali Yang Beda Dan Unik

Jika anda sudah seringkali berkunjung ke Bali dan menginginkan obyek wisata yang istimewa dan berbeda, rumah pohon karangasem bisa menjadi pilihannya. Destinasi yang satu ini menawarkan sesuatu yang berbeda dan unik diantara obyek wisata Bali lainnya. Letak rumah pohon ini ada di kecamatan Kubu, lebih tepatnya di kawasan desa Batu Dawa, Kabupaten Karangasem. Beragam pantai mungkin sudah familiar di Bali, maka tempat yang satu ini bisa menjadi destinasi spesial yang membuat pengalaman berlibur di Bali menjadi berbeda dan lebih mengesankan.

Sebenarnya, orang-orang sudah mulai mengenal tempat wisata tersebut sejak awal 2015, padahal saat itu keberadannya sudah lama serta menjadi salah satu lokasi pesanggarahan yang bersifat pribadi dengan nama Loka Sanggraha, diperuntukkan untuk meraih kedamaian, keheningan, di tengah hamparan pemandangan dan alam pegunungan yang begitu indah. Pemiliknya pun sebenarnya juga enggak untuk membuka area tersebut untuk umum namun karena saking banyaknya pengunjung khususnya ketika akhir pekan dan masa liburan serta tingginya antusias masyarakat untuk dapat menikmati keindahan dan keunikan rumah bambu karangasem tersebut, maka akhirnya bersedia membukanya untuk umum.

Diawali dari kunjungan beberapa orang yang mempunyai keinginan untuk menikmati suasana anti mainstream dan mengunggah pengalamannya tersebut di beberapa media sosial seperti facebook ataupun instagram dengan lanskap panorama unik dan berbeda, tentunya cepat mengundang respon dan perhatian dari berbagai masyarakat. Maka tak heran jika salah satu tempat wisata di karangasem ini menjadi semakin terkenal di berbagai daerah.

Hal-hal menarik di kawasan rumah pohon karangasem

Tempat wisata unik ini ada di kawasan kaki gunung agung tepatnya desa batu dawa. Kawasan ini adalah gunung yang paling tinggi di Bali, bisakah anda bayangkan pemandangan indah di dataran tinggi dengan lembah dan bukit yang masih tersaji secara alami dan asri serta di kejauhan nampak hamparan laun pantai tulamben dan amed? Tentunya tempat wisata karangasem ini begitu instagramable. Karena jauh dari keramaian, kawasan ini juga menyajikan kedamaian dan ketenangan sehingga sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin refreshing dari kepenatan aktivitas dan rutinitas sehari-hari.

Di tempat wisata ini terdapat dua rumah pohon dengan luas kurang lebih 9 m2. Rumah pohon tersebut dapat menampung sekitar 4 hingga 6 orang bahkan mempunyai ukuran yang lebih kecil lagi untuk rumah pohon lainnya. Jika dipadati oleh pengunjung, anda harus bersabar dan antri untuk dapat berada di atas rumah pohon tersebut sembari menikmati pemandangan alam. Untuk itu, sebaiknya anda mengunjungi tempat ini saat weekdays sehingga bisa lebih lama dan leluasa. Untuk mencapai rumah pohon, para wisatawan harus melewati sebuah jembatan gantung yang memberikan pengalaman menarik dan unik.

Selain rumah pohon, di wisata karangasem ini juga terdapat piramida kecil dengan bentuk seperti stupa candi. Bangunan ini terletak di tengah tempat wisata tersebut dibentuk dengan beberapa bulatan tanah liat dicampur dengan semen sehingga terlihat cukup unik. Bulatan-bulatan yang berasal dari tanah liat menjadi ciri khas dari material yang digunakan untuk pembangunan beberapa sarana penunjang seperti piramida, tembok keliling, serta jalan setapak yang ada di rumah pohon karangasem tersebut. Untuk bisa menikmati keindahan kawasan wisata ini, para pengunjung dikenai tarif masuk sebesar 20.000 rupiah untuk dewasa, 10.000 rupiah untuk anak-anak, dan gratis untuk bayi. Selain itu, anda juga harus membayar biaya parkir sebesar 5.000 rupiah untuk motor dan 10.000 rupiah untuk mobil. Tertarik dan penasaran dengan tempat wisata ini? Selamat berpetualang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *