Menu Close

Menikmati Kesejukan Di Wisata Alam Rumah Pohon Malang

Sebuah bangunan kayu berbentuk rumah yang dibangun di atas pohon berukuran besar saat ini nampaknya memang sedang ngetrend di kalangan wisatawan. Pasalnya, banyak sekali obyek wisata yang melengkapi area pariwisatanya dengan bangunan tersebut khususnya wisata alam yang ada di pegunungan seperti rumah pohon jatiasih yang ada di bekasi, rumah pohon di curug ciherang pohon, dan lain sebagainya. Di jawa timur, juga ada rumah pohon malang yang tak kalah viralnya dengan rumah pohon yang lain.

Tak diragukan lagi memang jika Malang adalah salah satu kota di Jawa Timur yang menyimpan segudang destinasi wisata menarik dan unik. Bahkan, banyak wisatawan yang berasal dari luar kota, luar pulau jawa, hingga mancanegara yang seringkali berkunjung ke Malang. Nah, jika anda sedang berada di Malang, rumah pohon batu malang harus masuk dalam daftar kunjunganmu kali ini.

Lokasi obyek wisata rumah pohon malang

Obyek wisata yang satu ini terkenal dengan nama rumah pohon paralayang atau omah kayu malang. Lokasi rumah pohon malang sangat mudah dijangkau yaitu di kawasan tempat wisata gunung banyak yang ada di kecamatan pujon, lebih tepatnya di desa pandesari, kabupaten malang. Gunung banyak adalah tempat terkenal dengan beragam destinasi wisatanya, salah satunya yaitu paralayang batu malang atau wisata batu paragliding. Dari jantung kota Malang, rumah pohon ini berjarak kurang lebih 30 km yang mampu ditempuh sekitar satu jam berkendara.

Sebagai salah satu destinasi wisata andalan di kota malang, omah kayu mempunyai keunikan dan daya tarik tersendiri. Bangunan rumah diatas pohon tersebut secara full didesain dengan menggunakan bahan baku yang berasal dari kayu. Terdapat enam unit rumah dimana masing-masing memiliki luas 3 X 2 X 2 m. Bahan baku kayu yang digunakan mempunyai kualitas yang kuat dan bagus. Jenis kayu ekaliptus digunakan sebagai balkon, pagar, dan kerangka rumah. Untuk bagian dinding, papan kayu terbuat dari pinus yang disusun secara rapat sehingga para penghuni akan merasakan kehangatan ketika bermalam di dalamnya. Bahan yang berasal dari ijuk dipilih oleh pihak pengelola untuk bagian atapnya.

Karena juga dimanfaatkan untuk tempat penginapan, di dalam rumah pohon tersebut disediakan 2 bantal, 1 selimut, 1 tempat tidur, dan juga peralatan makan. Untuk kamar mandinya tidak disediakan di dalamnya namun di tempat lain dan terpisah dari rumah pohon. Untuk enam unit rumah, pihak pengelola menyediakan dua kamar mandi luar lengkap dengan fasilitas air hangatnya.

Aktivitas dan tarif masuk wisata rumah pohon malang

Kelebihan atau keunikan dari omah kayu, salah satunya adalah disewakan untuk tempat menginap. Saat malam hari, anda dapat menyaksikan keindahan kota Batu secara jelas lengkap dengan taburan lampu-lampu yang terlihat dari kejauhan. Dan saat pagi tiba, anda dapat melihat keindahan sunrise serta suasana pegunungan alami yang asri dan sejuk. Wisata rumah kayu malang ini ada di bagian barat kota Batu yakni di puncak gunung atau perbukitan yang mengelilingi kota Batu.

Untuk dapat menikmati keindahan di kawasan omah kayu, para pengunjung dikenakan tarif sebesar 5.000 rupiah per orang. Tarif ini hanya untuk melihat-lihat dan menikmati pemandangan di kawasan rumah kayu saja tanpa menginap. Tentunya harga tersebut sangat murah dan anda sudah bebas berselfie di kawasan tersebut. Bagi anda yang ingin menginap atau bermalam di rumah pohon malang, anda harus membayar 450.000 rupiah per malam saat weekend dan 350.000 ribu per malam saat weekdays.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *