Menu Close

Tips Menabung Bagi Pelajar Dengan Cara Menyisihkan Uang Saku

Para pelajar tetap dapat menabung, meskipun belum memiliki penghasilan. Menyisihkan uang saku dari pemberian orang tua memang sulit, tetapi gemar menabung harus dipupuk sejak dini. Dengan menabung di bank sebenarnya kita meminta bantuan bank untuk menjaga uang kita. Kita harus membayar mereka dalam bentuk biaya administrasi tiap bulannya.

Berbelanja dengan cara kredit memang terdengar menggiurkan, tapi faktanya justru sangat memberatkan. Ibu harus membayar cicilan setiap bulan berikut bunganya, sehingga bisa mengganggu kestabilan keuangan. Untuk itu hindarilah membeli barang dengan harga jutaan pada masa ini. Lebih baik membelinya secara tunai saat sudah benar-benar dibutuhkan saja. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa kita masih belum bisa sepenuhnya lepas dari uang tunai.

Kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai salah satu tips mudah menabung. Caranya adalah menabung uang kertas dengan nominal terkecil. Setiap hari, coba luangkan waktu pada jam yang sama untuk mengecek dompet.

Menabung akan lebih semangat jika memiliki tujuan yang jelas. Tentu, dengan membayangkan membeli sepatu baru dari hasil tabungan, kalian akan semakin termotivasi dan rajin menabung.

Beberapa orang masih memilih untuk menyisakan uangnya di akhir bulan daripada menyisihkannya di awal bulan. Caranya, tentukan nominal tertentu untuk disisihkan di awal bulan. Dengan begitu, niat nabungmu bisa terlaksana dengan konsisten. Sebenarnya menabung merupakan hal yang dapat Anda lakukan bila pendapatan Anda lebih banyak dari kebutuhan sehari-hari.

Mulai lah menabung setidaknya sepuluh persen dari gaji. Meskipun sedikit menabung, berapa pun nominalnya jauh lebih baik daripada tidak menabung sama sekali. Menabung di awal gajian membuat uang akan lebih aman tersimpan. Anda akan terhindar dari keinginan menggunakan uang untuk kebutuhan yang tak penting. Dengan melakukannya, Anda bisa menabung lebih banyak dan mencapai tujuan keuangan lebih cepat.

Ekonomi boleh sulit, tapi menabung jalan terus. Dengan mempunyai tabungan, setidaknya kita mempunyai dana talangan bila terjadi hal-hal di luar perkiraan. Mary Rowland, penasehat keuangan yang juga kontributor pada situs moneymsn.com mempunyai beberapa tips untuk membantu kita. Biasakan untuk menyisihkan uang saku yang kalian terima setiap hari dari orang tua. Misalnya, jika uang saku Rp10.000 per hari, sisihkan Rp3.000 untuk ditabung.

Namun bukan berarti Anda yang memiliki pemasukan pas-pasan tidak dapat menyisihkan uang. Sebelum memutuskan untuk menabung, ada baiknya untuk melunasi segala utang terlebih dahulu. Utang akan menjadi beban pikiran tersendiri apabila tidak segera dilunasi dan justru membuat keuangan semakin tercekik. Dengan bebasnya dari segala kewajiban membayar utang maka Anda akan semakin fokus menyisihkan uang untuk ditabung dan bagaimana cara nabung buat beli hp.

Bukan rahasia lagi, saldo kita akan habis tergerus biaya administrasi. Rekening kita juga terancam ditutup selama tidak ada uang yang tersimpan. Berbeda dengan model menabung di bank, IPOTPAY bebas biaya bulanan alias gratis.

Ingatlah mimpi dan cita-cita Anda saat menabung maka Anda tak akan mudah khilaf membuka celengan. Selain untuk ditabung, alokasikan uang Anda untuk hal-hal lain seperti investasi, tabungan pendidikan anak anak, tabungan pensiun, dan juga kebutuhan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *